1000 Orang Calon PNS ditipu oleh pria yang Mengaku Keponakan Menteri



Seorang pria berinisial IR (51) ditangkap aparat Subdit Reserse Mobil (Resmob) Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya dalam permasalahan penipuan.
Pria ini diduga menipu dengan tutorial menjanapabilan korbannya bisa bekerja sebagai PNS di beberapa kementerian.
Sejauh ini diduga 1.000 orang telah menjadi korban pria ini.
Dalam aksinya, IR mengaku-ngaku sebagai keponakan dari Menteri PAN RB Yuddy Chrisnandi.
Kasubdit Resmob Polda Metro Jaya AKBP Budi Hermanto berkata, pelaku ditangkap pada Selasa (5/6/2016) lalu seusai salah satu korban melapor ke polisi pada Mei lalu.
"Pelakunya IR telah kita tahan serta korbannya kurang lebih seribu orang," kata Budi Kamis (7/7/2016).
Budi melanjutkan, IR telah sejak 2013 meperbuat peniupan calon PNS. Modusnya, IR meminta uang terhadap korban sebagai jasa perantara pendaftaran PNS.
"Setiap orang itu dirinya minta Rp 22.500.000 yang daftar ke dia, (janjinya) bakal dijadikan PNS di kementerian," ucap Budi.
Tetapi, seusai uang diserahkan terhadap IR nyatanya tidak satu pun korban yang lolos menjadi PNS di kementerian.
Meski para korbannya gagal menjadi PNS, tersangka IR enggan mengembalikan uang korban yang telah disetorkan terhadap dia.
Budi berkata, pihaknya tetap menyelidiki apakah pelaku beraksi sendiri alias mempunyai koneksi di instansi pemerintahan di kementerian.
"Sementara tetap satu (tersangka), kita tetap semakin dalami," ucap Budi membahas permasalahan penipuan yang mengdampakkan kemenyesalan lebih dari Rp 14 miliar itu.

sumber : tribunnews.com

Subscribe to receive free email updates: