Wow Ancaman besar buat Android dan iOS, YunOS Capai 70 Juta Pengguna



Perusahaan raksasa e-commerce asal China, Alibaba, berbicara bahwa operasi sistem YunOS miliknya sudah mencapai 70 juta pemakai pada akhir Mei lalu, serta menyalip iOS dalam pengiriman device di China pada kuartal pertama.

Hal itu diungkap oleh Vice-President Wu Yupeng pada gelaran Mobile World Congress di Shanghai China pada Rabu kemarin. Ia mengungkapkan bahwa sistem operasi YunOS tumbuh 700 persen pada 2015 serta menjadi sistem operasi tertidak sedikit ketiga seusai Android serta iOS.

Antara Januari serta Maret, tersedia 17 juta device yang dikirimkan sudah menjalankan sistem operasi Yun OS tergolong dari perangkat domestik tergolong Meizu serta Duowei. Wu sendiri berbicara bahwa Alibaba bakal berfungsi untuk meningkatkan jumlah pemakainya menjadi 100 juta pada akhir tahun ini.

Hal itu ditujukan untuk mendapatkan pangsa pasar 20 hingga 25 persen di China sebagai pasar paling besar bagi perangkat device. Alibaba sendiri sudah mengembangkan Yun OS berdasarkan pada Android Open Source Project dengan pertama kali dihadirkan pada 2011.

Untuk mengembangkan pemakaian dari sitem operasinya, Alibaba sudah menginvestasikan USD590 juta dengan mengakuisisi vendor asal Negeri Tirai Bambu Meizu.

Selain handphone, YunOS juga menginvansi ke beberapa perangkat lainnya mulai dari televisi, jam tangan pintar, AC, robot otomatisasi rumah, serta dengan koneksi internet, Alibaba juga bakal segera menghadirkan mobil pintar (smart car) bulan depan.

Subscribe to receive free email updates: