Backpacker Ke Jogja, Liburan jadi hemat


RUMAHEDUKASI.ORG, Jogja, adalah salah satu kota di Indonesia yang mempunyai keunikan tersendiri sebab bentuk pemerintahannya yang berbentuk kesultanan. Tidak hanya itu, Jogja juga mempunyai kekuatan serta ciri khas tersendiri dalam bidang pariwisata. Tak sedikit sekali wisatawan dalam negeri maupun mancanegara yang mengunjugi kota Jogja ini. Tak sedikit wisatawan yang suka dengan kota ini sebab lingkungan yang sederhana, penuh budaya, serta orangnya yang ramah ramah. Tidak hanya wisata adat pun, Jogja ini populer dengan wisata alam kurang lebihnya yang tak ada habisnya, mulai dari gunung, pantai, gua, air terjun, sertaau, semuanya ada!

Jogja ini mempunyai letak geografis yang sangat strategis, berada di tengah Pulau Jawa, Jogja ini bisa dicapai memakai moda transportasi apapun. Tetapi, hari ini saya bakal membahas trik-trik liburan terjangkau memakai gaya backpacker.
Tidak sedikit sekali transportasi yang bisa dipakai untuk menuju Jogja ini, sebab letaknya yang strategis berada di tengah Pulau Jawa. Yang pertama adalah pesawat. Untuk anda yang berada di luar pulau Jawa bisa langsung direct flight menuju Bandara Adisucipto Yogyakarta alias menuju Bandara International Juanda Surabaya serta lanjut memakai bis alias kereta menuju Jogja.

Yang kedua adalah memakai kereta. Tak sedikit sekali kereta ekonomi yang menuju Stasiun Lempuyangan Jogja dari beberapa kota semacam Bandung, Jakarta, Surabaya serta Malang. Harga kereta ekonomi menuju Jogja dari Bandung adalah kurang lebih Rp 100.000 (dulu Rp 50.000 loh), dari kota lain pun harganya hampir sama. Tapi, tenang saja mesikipun kereta ekonomi, kini gerbongnya telah keren serta ber AC, serta yang paling paling penting adalah satu nomor satu kursi :)

Yang ketiga adalah memakai bus. Untuk memakai bus ini, tak sedikit bus dari beberapa kota besar maupun kecil yang menuju Terminal Giwangan Yogyakarta. Harga bus dari Bandung menuju Jogja adalah kurang lebih Rp 180.000 hingga Rp 250.000, tergantung negosisasi serta fasilitas busnya. Biasanya bus ini telah include makan 1 kali.

Yang terbaru adalah roadtrip! saya sempat meperbuat road trip ke Jogja 1 tahun lalu. Keuntungan road trip ini kami bisa berhenti kapanpun serta bisa mengunjungi wisata-wisata di perjalanan yang kami lewati. Modal untuk meperbuat road trip ini kami butuh mempunyai kendaraan pribadi alias menyewa dari rental. Untuk ongkos bensin sendiri, bensin yang saya habiskan selagi pulau-pergi ke Jogja adalah kurang dari Rp 400.000, kalo 1 mobil 5 orang ga lebih dari Rp 100.000 per orang loh serta seru juga bisa mengunjungi beberapa tempat serta juga saat di Jogja mobilitas kami mudah mau kemana mana :)

Tidak sedikit sekali penginapan di Jogja, mulai dari kelas resort serta hotel yang mahal hingga yang terjangkau pun tak sedikit. Untuk para backpacker, biasanya tak sedikit sekali penginapan-penginapan yang harganya dibawah Rp 200.000. Daerah pertama yang tersedia tak sedikit penginapan terjangkau yaitu di Jl. Sosrowijayan. Jalan ini tersedia di sebelah Jl. Malioboro, tidak hanya harganya yang terjangkau, lokasi yang dekat dengan pusat keramaian menjadi daerah ini tak jarang dijadikan wisatawan untuk menginap. Bahkan tak sedikit homestay disini yang harganya dibawah Rp 100.000, tergantung negosiasi serta fasilitas yang disediakan juga.

Daerah kedua yaitu Jl. Prawirotaman. Daerah ini tetap agak langka di telinga wisatawan Indonesia sebab terbukti daerah ini lebih tak jarang didatangi oleh wisatawan asing. Tak sedikit penginapan-penginapan terjangkau disini mulai dari Rp 100.000 per malam. Lokasi Jl. Prawirotaman ini lokasinya lebih dekat dengan Stasiun Lempuyangan serta daerahnya relatif lebih sepi daripada Jl. Sosrowijayan. Tak sedikit bar serta resto-resto unik juga di sepanjang jalan ini.

Sebagai backpacker, tentu tak sedikit yang lebih memilih jalan sendiri ketimbang mengikuti paket tour untuk mengunjungi sebuahtempat. Sebab tidak hanya lebih terjangkau, kami pun bisa kemana pun yang kami mau. Untuk berkeliling di kurang lebih Kota Jogja sebetulnya tak sedikit opsi yang bisa dipilih oleh para backpacker. Yang pertama adalah memakai angkutan umum, tapi saya tak menyarankan memakai angkutan umum sebab di Jogja tetap jarang serta tak fleksibel, kecuali kalo mau keliling kurang lebih kotanya aja ada Trans Jogja yang harganya cuma Rp 3.500 ke arah mana pun.

Yang kedua adalah menyewa motor alias mobil. Harga sewa motor di Jogja adalah kurang lebih Rp 50.000 per hari serta harga mobil adalah Rp 350.000, itu harga rata-rata loh ya tiap orang mungkin bakal dapet harga yang tak sama. Dengan menyewa motor alias mobil kami bisa kemana pun yang kami mau, tidak hanya itu lebih berhemat kalo para backpacker kesini dengan beberapa kawannya ,jadi bisa sharing untuk membayar rental. Kalo 1-4 orang bisa memakai motor, kalo 4-8 orang bisa memakai mobil, tentu liburanmu di Jogja bakal lebih seru!

Untuk urusan tempat wisata ini, Jogja mempunyai tak sedikit sekali tempat wisata, mulai dari gunung hingga pantai pun ada. Tetapi sebab lokasinya yang jauh dari pusat kota, maka kami dianjurkan untuk menyewa kendaraan supaya bisa mencapai wisata-wisata di kurang lebihan Jogja ini. Jogja mempunyai sertaau di Kalibiru Kulon Progo, mempunyai gunung cantik di Gunung Ngglanggeran, mempunyai gua yang keren di Gua Pindul, serta gugusan pantai di sepanjang Gunung Kidul.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Backpacker Ke Jogja, Liburan jadi hemat "

Posting Komentar