Penyebab Musibah Pintu Tol Brebes Timur



Menteri Perhubungan Ignatius Jonan mencatat ada dua pekerjaan rumah (PR) yang wajib dapat di berakhirkan pada arus mudik serta balik Lebaran 2017. PR tersebut merupakan bagaimana mengurangi jumlah pengendara sepeda motor serta bagaimana agar tak ada kemacetan semacam yang terjadi pada tahun ini.

Jonan membicarakan, walau biaya arus mudik serta balik gratis Lebaran yang disiapkan tahun ini dinaikkan sampai Rp20 miliar, tetap saja ketertarikan masyarakat sedikit. Bahkan lebih memilik mudik memakai sepeda motor dari pada bus yang jelas gratis.

"Motor iya. Kenapa ya orang bahagia mudik naik motor?. Telah sempat tanya pemudik yang naik motor belum (tanya pada wartawan). Padahal risikonya besar. Kenapa ya apa sebab kebiasaan saja mudik pakai motor?,"ujar Jonan di Kantor PK Manggarai, Jakarta, Kamis, 7 Juli 2016.

Dirinya pun tetap mencari cara, memikirkan bagaimana dapat mengurangi pemudik untuk tak memakai sepeda motor lagi.

"Kalau dilarang dapat enggak ya? Tapi kelak lah saya kasih tahu caranya bagaimana,"ujarnya.

Untuk PR selanjutnya merupakan mengurai kemacetan saat arus mudik serta balik Lebaran. PR ini, kata Jonan, menjadi PR Kementerian Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat (PUPR).

"Saya perintahkan PU perbaiki jalan masuk jalan ini. Ini PR-nya wajib membenahi jalan masuk tol. Prasarana sehingga persoalan sebab terjadi macet panjang," ujarnya.

Diketahui sebelumnya, Dirjen Perhubungan Darat menegaskan bahwa terjadinya musibah macet panjang di ruas Pejagan - Brebes merupakan dampak belum siapnya infrastruktur jalan tol tetapi dipaksakan untuk dioperasikan.

Subscribe to receive free email updates: