Tips Absensi Anti Bolos ala SMK Pangkalpinang, Mau Ikutan?



RUMAHEDUKASI.ORG, PANGKALPINANG - Beberapa cara diperbuat untuk memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia. Salah satunya merupakan dengan menambah komunikasi antara pihak sekolah dengan orang tua siswa. SMKN 2 Pangkalpinang, Bangka Belitung, mempunyai cara tersendiri untuk menjaga komunikasi dengan orang tua siswa

mulai tahun 2012, sekolah yang fokus pada industri, teknologi serta informatika ini memakai sistem fingerprint untuk ketidakhadiran seluruh siswanya. Info keberadaan siswa ini juga dikirimkan melewati SMS gateway terhadap orang tua masing-masing saat itu juga.

"Sehingga orang tua tahu apakah anaknya sangatlah hingga ke sekolah alias tidak. Jam berapa hingga ke sekolah juga ketahuan," ucap Kepala Sekolah SMKN 2 Pangkalnang, Yulizarman di SMKN 2 Pangkalpinang, Jl Sumedang, Pangkalpinang, Babel, Senin (18/7/2016).

Pantauan detikcom di lokasi, ada tak sedikit mesin fingerprint yang ditempelkan di tiang-tiang bangunan sekolah. Sebelum masuk kelas, seluruh siswa wajib absen di mesin-mesin itu. Seusai absen, di handphone orang tua mereka bakal diterima SMS pengumuman dari pihak sekolah bahwa anaknya telah tiba. Semacam ini contohnya:

Bapak/Ibu yth. Sayyaf Dzulfikar telah meperbuat ketidakhadiran sidik jari pada tanggal 18 Juli pukul 06.34 WIB. (SMKN 2).

"Apabila ada siswa yang telat, orang tua tahu. Kalau diperbuat berulang-ulang, kita ada teguran. Kalau telah parah, orang tuanya kita panggil ke sekolah," ucap Yulizarman.


sumber :Detikcom

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Absensi Anti Bolos ala SMK Pangkalpinang, Mau Ikutan?"

Posting Komentar