Yamaha serta Honda dipanggil KPPU untuk diminta pertanggungjawaban, Atas Dugaan Kartel




RUMAHEDUKASI.ORG, - Yamaha serta Honda dipanggil KPPU untuk diminta pertanggungjawaban karena Diduga bekerja sama dalam mengatur harga jual di pasaran,Tapi apakah ada argumen lainnya ya?

"Kenapa KPPU menginvestigasi  sepeda motor, terutama skuter matik (skutik)? Pasar industri sepeda motor di Indonesia, ada dua pemain besar yakni Yamaha serta Honda. Bila ditotal keduanya menguasai tak lebih lebih 97 persen pangsa pasar sepeda motor skutik. Industri yang terkonsentrasi semacam ini sangat berkesempatan terjadinya kombinasi antara dua perusahaan dalam rangka menguasai penjualan,' ucap Ketua KPPU, Syarkawi Rauf, di Jakarta.

"Makanya sejak awal kami meperbuat penyelidikan, kemudian sebab ada dua alat bukti yang lumayan untuk membawa ini ke proses penyelidikan. Kami kemudian naikkan ke proses penyelidikan. Seusai kami yakin dengan bukti-bukti maka proses penyelidikan kami tingkatkan lagi menjadi persidangan, itu yang sedang kami perkarakan," tambahnya.

Dirinya kembali membahas, faktor lain apa yang membikin permasalahan ini begitu penting.

"Kenapa itu menjadi penting? Sebab di Indonesia ini, transportasi publik belum berkembang. Jadi salah satu pilihan transportasi yang dimiliki oleh masyarakat terutama yang menengah ke bawah, itu merupakan transportasi yang memakai sepeda motor," ujarnya.

"sepeda motor paling paling banyak dibeli oleh masyarakat. Nah dengan dasar itu KPPU mengamati ini sektor yang sangat strategis, jadi kami butuh untuk melakukan penyelidikan dan investigasi. Hingga hingga pada bagian keyakinan bahwa ini merupakan alat bukti untuk membawa ke proses persidangan," katanya.



sumber : Detikcom

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yamaha serta Honda dipanggil KPPU untuk diminta pertanggungjawaban, Atas Dugaan Kartel "

Posting Komentar