Pameran Aplikasi Pilihan dari Microsoft Youth Spark Dibuka



Program hasil kerjasama YCAB Foundation (Yayasan Cinta Anak Bangsa) dan Microsoft Indonesia yang menggandeng Microsoft Innovation Center dan FISIPOL Universitas Gadjah Mada dan Dinas Pendidikan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta sudah memasuki bagian akhir. Puncak agenda ditandai dengan pameran 10 software opsi dan pengumuman software paling baik yang bakal dilaksanakan pada tanggal 14 Juni 2016, di Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri, Universitas Gadjah Mada, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Microsoft YouthSpark adalah inisiatif global Microsoft yang melibatkan pemerintah, institusi pendidikan, organisasi nirlaba, perusahaan dan beberapa komunitas untuk menanggulangi persoalan pengangguran dengan menciptakan peluang bagi kaum muda di seluruh dunia melewati program edukasi di bidang teknologi. Di Indonesia, Microsoft YouthSpark berfokus pada pengembangan dan pemberdayaan kaum muda yang kesusahan memperoleh jalan masuk pendidikan yang layak, dengan memberbagi pembelajaran coding.

“Kami ingin membekali anak muda pra-sejahtera dengan performa teknologi sejak dini. Memberi kualitas tambah bagi mereka supaya bisa bersaing di dunia kerja dengan rasa percaya diri. Kita sekaligus berharap anak muda bisa menciptakan peluang baru di era digital ini” dikatakan M.Farhan, Sekretaris Jenderal YCAB. “Program ini memberbagi andalan dan peluang yang sama bagi anak muda yang sebelumnya tak lebih mempunyai jalan masuk terhadap teknologi,” jelasnya.

Pelaksanaan Microsoft YouthSpark Ilmu Komputer di Yogyakarta turut didukung Bidang Pengembangan Layanan Teknologi Informasi, DISKOMINFO, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dukungan ini diberbagi dengan andalan kegiatan Microsoft YouthSpark Ilmu Komputer bisa menolong program pemerintah untuk menambah kualitas-kualitas budaya, terutama di Yogyakarta.

Melibatkan 800 murid dan guru dari kurang lebih Yogyakarta, pembukaan program Microsoft YouthSpark Yogyakarta dilaksanakan di bulan November 2015. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Microsoft YouthSpark Idea Generation, dimana 300 peserta diajak untuk menghasilkan ide-ide kreatif. Keseluruhan rangkaian program Microsoft YouthSpark berfungsi mendorong generasi muda Yogyakarta supaya bisa berpikir dengan cara kreatif dan solutif, dan memberbagi akibat yang nyata pada komunitas lokal dan akselerasi Yogyakarta sebagai kota pintar (smart city).

Seusai Microsoft YouthSpark Idea Generation, pelatihan khusus diberbagi oleh Microsoft Innovation Center terhadap para peserta yang terpilih. Para peserta yang berasal dari 26 sekolah dan 3 organisasi nirlaba di Yogyakarta, kemudian terbagi dalam kelompok-kelompok yang terdiri dari siswa dan guru alias mentor dan diberbagi pembelajaran coding memakai Kodu/Hour of Code untuk menciptakan software permainan.

Ruben Hattari, Corporate Affairs Director, Microsoft Indonesia berbicara “Menonton antusiasme generasi muda Yogyakarta dalam proses mencetuskan ide, belajar coding dan menghasilkan software yang hebat dan beragam adalah faktor yang inspiratif.” Dirinya melanjutkan, “Software-software yang mereka ciptakan menunjukkan besarnya potensi yang dimiliki oleh generasi muda Yogyakarta jika mereka memperoleh jalan masuk pada pengetahuan dan pelatihan yang tepat.”

Mengusung kualitas-kualitas edukasi dan kebudayaan, software-software opsi yang bakal dipamerkan pada tanggal 14 Juni merilis beberapa macam tema semacam astronomi, lingkungan hidup, pariwisata, geografi sampai matematika.

Puncak agenda Microsoft YouthSpark Ilmu Komputer Yogyakarta juga bakal dihadiri oleh beberapa kalangan tergolong tenaga pengajar, komunitas, technopreneur dan relawan mahasiswa dari Yogyakarta

Subscribe to receive free email updates: