Besok Jumat Matahari Akan Kembali Melintas Persis di Atas Ka'bah



RUMAHEDUKASI.ORG, Kementerian Agama menghadirkan rashdul qiblat atau momen melintasnya matahari cocok di atas kiblat akan kembali terjadi Jumat (15/7) pekan ini. Momen alam ini akan terjadi pada pukul 16.27 WIB atau pukul 17.27 WITA.
Fenomena alam yang sama sebelumnya juga terjadi pada Jumat (27/5) lalu. Saat itu, matahari melintas tepat di atas Ka'bah pada pukul 16.18 WIB dan 17.18 WITA
“Sehingga bayang-bayang sebuahbenda yang berdiri tegak lurus di mana saja pada jam itu akan mengarah ke Ka'bah," ucap Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama Muhammad Thambrin di Jakarta, Rabu (13/7), melalui keterangan resmi yang diterima Republika.co.id.
Menurut Thambrin, berdasarkan tinjauan astronomis/ falak, tersedia berbagai teknik yang bisa dipakai untuk meluruskan arah kiblat, di antaranya memakai kompas, theodolit, dan fenomena rashdul qiblat.
Bagi kaum muslimin dan pengurus takmir masjid atau mushalla yang akan memverifikasi kesesuaian arah kiblat, bisa mekegunaaankan rashdul qiblat.
Untuk menentukan arah kiblat dengan rashdul qiblat, Thambrin memaparkan, wajib memastikan terlebih dahulu benda yang menjadi acuan harus  berdiri tegak lurus atau bisa juga memakai bandul. Kemudian, pastikan pula permukaan dasar wajib benar-benar datar dan rata.
Terbaru, gunakan jam pengukuran yang wajib telah disesuaikan dengan BMKG, RRI atau Telkom. Apabila ketiga bagianan itu telah diperoleh, maka bayangan benda yang dipakai untuk memverifikasi itu akan mengarah ke Ka'bah.

 sumber : Republika

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Besok Jumat Matahari Akan Kembali Melintas Persis di Atas Ka'bah "

Posting Komentar