BMKG Resmi Meluncurkan Aplikasi Cuaca Berbasis Android

 

RUMAHEDUKASI.ORG,SABANG - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Giofisika  resmi meluncurkan aplikasi cuaca berbasis android yang diharapkan bisa mempermudah masyarakat untuk mengakses prakiraan cuaca terakhir setiap saat.

Kepala Stasiun Meteorologi, Klimatologi dan Giofisika Kota Sabang, Siswanto di Sabang, Rabu (13/7) memberi tau, pihaknya juga berinovasi dengan meresmikan aplikasi berbasis iOS yang sekarang bisa diakses para pemakai MyPhone dan diunduh dengan cara gratis di App Store.

"Aplikasi ini menghadirkan setiap saat prakiraan cuaca dan informasi yang lebih lengkap dan dalam satu aplikasi dapat ditampilkan beragam produk informasi cuaca, iklim, nilai udara, dan gempa bumi dan peringatan dini cuaca yang terjadi di seluruh Indonesia," kata Siswanto.

Dia menyebutkan, adapun fitur-fitur dalam aplikasi Informasi BMKG antara lain, informasi cuaca berdasarkan lokasi, prakiraan cuaca dalam 3 hari di seluruh kabupaten/kota di Indonesia dan informasi keadaan  udara di berbagai kota seperti di Sumatera dan Kalimantan.

"Para pemakai aplikasi ini juga bisa mendapatkan informasi gempa bumi terkini yang dirasakan disertai jarak titik gempa dengan lokasi anda, peringatan dini dan press release/Info aktual dan resmi dari BMKG," tuturnya.

Selain itu, dirinya membahas, keunggulan dari aplikasi ini merupakan informasi cuaca berdasarkan lokasi pemakai dan informasi jarak kejadian gempa bumi dengan lokasi kamu dan informasi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang terintegrasi dalam satu aplikasi mobile.

"Seusai adanya soft launching aplikasi mobile berbasis iOS ini, masyarakat bisa berperan dan memberbagi saran untuk pengembangan aplikasi mobile. Dan bisa menjadikan informasi BMKG sebagai acuan bagi masyarakat untuk berpergian, berwisata dan berlibur," ujarnya.

Ia berharap, aplikasi bebasis Android ini bisa dipakai sebagai sarana mitigasi kebencanaan untuk masyarakat yang berpergian, di Kantor maupun di rumah dalam mengurangi akibat resiko bencana. "Dalam aplikasi tersebut juga ada peringatan dini cuaca alias istilahnya Early Warning System (EWS)," ucap dia.

Dalam waktu dekat ini, ungkap Siswanto, terutama untuk wilayah Sabang akan di launching  prakiraan cuawa area Sabang dan sekitarnya.

 sumber : Antara

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BMKG Resmi Meluncurkan Aplikasi Cuaca Berbasis Android"

Posting Komentar