Kapal tanpa awak karya Mahasiswa UI Meraih peringkat lima dunia



RUMAHEDUKASI.ORG, Beberapa mahasiswa UI yang tergabung dalam "Autonomous Marine Vehicle Team Universitas Indonesia" (AMV UI) sukses meraih juara ke-5 dunia pada kompetisi kapal "9th International Roboboat Competition" yang berjalan 4-10 Juli 2016 di Virginia Beach, Amerika Serikat.

AMV UI memperlombakan karya inovatif mereka berupa teknologi kapal tanpa awak bernama Makara-05 (drone permukaan laut) serta Makara-06 (drone bawah laut).

"Kami pernah mengalami kendala teknis pada bagian kemampuan robot. Hardware kita mengalami gangguan signal dikarenakan hal lingkungan dimana jumlah satelit yang kita bisakan di AS lebih sedikit dibandingkan saat di Indonesia," kata Ketua AMV UI, Zulfah Zikrina dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Menurutnya, pihaknya wajib meperbuat pemrograman ulang kepada sistem Makara-05 dalam waktu yang sangat terbatas.

"Perpersoalanan tersebut bisa dipecahkan dengan adanya kerjasama tim yang baik serta sukses menghantarkan AMV UI menyelesaikan misi-misi perlombaan serta menunjukkan bahwa tim Indonesia sanggup mengungguli kampus-kampus terkemuka dunia dalam ajang kompetisi bergengsi ini," tuturnya.

Dalam kompetisi ini ada 2 bagian penilaian, yaitu "static judging" serta "kemampuannce/dynamic robot".

Pada bagianan "static judging", kemampuan akademis serta pemahaman teknikal yang mendalam menjadi penilaian mutlak serta dipresentasikan di hadapan para Juri yang berasal dari "Naval Sea Systemnya Command" (NAVSEA), "Ocean Naval Research" (ONR), serta organisasi Naval lainnya.

Tersedia sejumlah komponen penilaian yaitu penulisan jurnal, nilai materi jurnal, fisik kapal, tayangan video, website, social media, techical academic oral presentation, inspeksi robot, serta team interview.

AMV UI sanggup menjawab seluruh pertanyaan dari juri jadi sukses mengalahkan tim papan atas dari tahun sebelumnya semacam University of Michigan serta United States Naval Academy (USNA).

Sedangkan pada bagianan "kemampuannce robot", para kontestan diminta untuk menunjukkan kemampuan kapal dalam menyelesaikan lima misi kompetisi, yaitu navigasi, penghindaran rintangan (obstacle avoidance), berlabuh otomatis (automated docking), mendeteksi frekuensi bawah air (Pinger Location), serta meluncurkan kapal selam untuk merekam foto bawah air (interoperability challenge).

Kapal Makara-05 alias drone permukaan laut adalah kapal tanpa awak yang ditampilan dengan konsep tiga lambung (trimaran) serta dibagian depan tersedia "axe bow" yang bermanfaat untuk memecah gelombang/ombak jadi sanggup menambah efisiensi waktu.

Sedangkan Kapal Makara-06 alias drone bawah laut adalah kapal yang mempunyai kemampuan sensor mengolah citra objek di bawah laut serta sanggup bersi kukuh selagi 4 jam di bawah air pada kedalaman sampai 100 meter.

Turnamen ini sudah diselenggarakan ke-9 kalinya serta pada tahun ini diikuti sejumlah negara semacam AS, Korea Selatan, serta India.

Tantangan yang wajib diberakhirkan dalam kompetisi ini adalah tampilan kapal yang sanggup dioperasikan kawasan pesisir, baik untuk misi pengamanan, penyelamatan, operasi darurat serta operasi oseanografi, kegiatan riset, serta lainnya.

Dalam ajang tersebut, UI sukses mengungguli tim dari University of Michigan AS, University of Ulsan Korea Selatan, serta Embry-Riddle Aeronautical University AS.
sumber : Antara

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kapal tanpa awak karya Mahasiswa UI Meraih peringkat lima dunia "

Posting Komentar